lisas-childminding.com

My WordPress Blog

Aplikasi Android Ternyata Mengintai Data Para Pengguna?

Berita Terbaru Diberitakan dari tim periset dari International Computer Science Institut merasakan 1.325 aplikasi Android diam-diam kumpulkan data pengguna hp. Tim periset awalnya pelajari lebih dari 88 ribu aplikasi dari Google Play Store.

Pengembang diketahui mengakali larangan yang ditetapkan Google dengan mengumpulkan beberapa info walau pengguna tidak memberi izin.

Walau sebenarnya skema app permission itu dibikin supaya pemakai dapat memberi izin atau melarang aplikasi terhubung info tersendiri dari hp mereka. Beberapa data yang disatukan termasuk peka, dari mulai koordinat GPS, alamat MAC dari jaringan Wifi yang tersambung ke hp. Alamat MAC adalah nomer unik yang dipunyai oleh tiap jaringan seluler.

Info lain yang diam-diam dibuka terhitung alamat surel pemakai, nama jaringan WiFi, nomer hp, nomer IMEI serta nomer kartu SIM (MSISDN). Data-data yang disatukan diduga digunakan untuk menaikkan biaya iklan, juga sekaligus digunakan untuk memonitor kegiatan pengguna.

Aplikasi Android Ternyata Mengintai Data Para Pengguna?

Selain itu diketahui bila beberapa team periset disebutkan sudah memberikan laporan penemuan ini pada Google pada September kemarin. Google menjanjikan munculnya Android Q pada tahun ini diinginkan dapat melakukan perbaikan beberapa permasalahan itu. Pembaharuan Android Q akan menangani permasalahan akses Wifi serta pemakaian data tempat pengguna.

“Jumlahnya pemakai yang punya potensi terimbas penemuan ini direncanakan sampai beberapa ratus juta. Praktik penipuan ini membuat pengembang aplikasi dapat terhubung data pribadi tanpa ada izin pemakai, mengganggu privacy serta memunculkan permasalahan hukum serta norma,” catat team periset.

Hasil riset yang diterbitkan di PrivacyCon 2019 temukan satu diantara aplikasi yang lakukan hal itu yaitu aplikasi ubah photo Shutterfly. Data yang disatukan terhitung koordinat GPS, Shutterfly memakai metadata EXIF foto untuk mencari tempat foto yang dipotret. Walau pengguna tidak memberi izin, Shutterfly diketahui masih melakukan hal itu.

Periset mencatat aplikasi Hong Kong Disneyland yang terhubung info pribadi aplikasi lain yang tersimpan tanpa ada keamanan di SD card hp pemakai. Periset temukan modus sama dilakukan oleh 13 aplikasi yang terpasang di lebih dari 17 juta perangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *