lisas-childminding.com

My WordPress Blog

Intip lebih dekat Game Day’s Gone, Game Petualangan Horror PS4

Berita Terbaru Sama seperti Game Spider-Man 2018, game bikinan SIE Bend Studio, Oregon ini hanya ekslusive untuk PS4 dan PS4 Pro. Di rilis 29 April lalu oleh Sony Interactive Entertainment, game ini mendapat review yang campur aduk dari para gamer atau pun media reviewer. Game dengan genre third person survival open world ini, mengangkat tema post-apocalyptic dengan drama-drama yang menyentuh ala-ala serial TV The Walking Dead. Lalu seperti apa game ini? Yuk kita selami dunia Days Gone lebih dalam.

Intip lebih dekat Game Day’s Gone, Game Petualangan Horror PS4

1.Alur Cerita
Deacon “Deek” St. John adalah seorang biker yang juga merupakan veteran perang Afganisthan. Ditemani dengan Willam “Boozer” Gray yang mana adalah sesama member Mongrel Motorcycle Club, mereka mengarungi Oregon sebagai tentara bayaran dan “Bounty Hunter” untuk membantu encampment-encampment yang masih tersisa semenjak Freaker virus mewabah ke seluruh dunia. Virus ini telah menghabisi setengah populasi dunia dan merubah berjuta-juta orang menjadi sejenis zombie yang mereka sebut “Freakers”. Bertahan hidup sebagai tentara bayaran, Deek juga mencari informasi keberadaan istrinya Sarah yang terpisah pada saat wabah virus Freakers menyebar dua tahun lalu.

Bertahan di dunia yang hancur setelah virus merajalela, Deek harus menghadapi beragam musuh yang ada dalam dunia Days Gone. Freakers, manusia yang termutasi sehingga menjadi agresif, buas dan memakan sesama manusia, merupakan ancaman utama ketika menjelajah. Mereka membuat sarang dimana-mana sehingga cukup sedikit tempat yang aman dari jangkauan mereka. Selain itu, virus ini juga menginfeksi binatang-binatang liar yang ada di hutan, dari serigala hingga kawanan gagak yang akan menyerang secara berkelompok.

Tidak hanya Freakers, para manusia yang selamat tanpa kepemimpinan dan pemerintah, membuat koloninya masing-masing dengan agendanya sendiri. Marauders yang terpecah tanpa kelompok, biasanya akan menjebak orang-orang dengan tujuan mengambil harta atau bahkan nyawa.

Salah satu petinggi militer yang selamat, Colonel Matthew Garret, mendirikan dan mengepalai Deschutes County Militia (DCM) yang beroperasi di Wizard Island dan area Crater Lake. DCM merupakan kumpulan ex-militer dan orang-orang sipil namun memiliki hirerarki seperti militer yang sesunggguhnya, tujuan utama mereka adalah ingin melenyapkan seluruh Freakers yang ada.

Dengan tangan besi, sang Colonel tidak segan-segan menggantung siapa saja yang merintangi jalannya. Dengan cara kepemimpinan Colonel, menjadikan DCM sering berkonflik dengan National Emergency Response Organization (N.E.R.O.), yaitu badan pemerintah yang bertanggung jawab menanggulangi bencana yang terjadi di U.S..

N.E.R.O, sebagai satu-satunya badan resmi pemerintah yang tersisa, tidak menyukai operasi-operasi yang di lakukan oleh DCM. N.E.R.O. setelah tidak dapat mengendalikan situasi bencana yang terjadi, memutuskan untuk mundur dan hanya memonitor situasi dari jauh. Deek akan sering menemukan beberapa checkpoint milik N.E.R.O. yang telah ditinggalkan

Selain itu ada kelompok yang yang sangat ekstrim yaitu The Rest in Peace Cult atau “Rippers”. Kelompok ini adalah sekte yang menyembah Freakers dan Wabah yang terjadi. Mereka percaya kalau berubahnya manusia yang terinfeksi adalah hadiah dan semua orang harus percaya kalau ini adalah kemajuan dari evolusi umat manusia. Walau mereka sendiri tidak terinfeksi wabah virus Freakers, mereka membenci hal-hal yang beradab dan memaksa orang-orang yang mereka tangkap bergabung atau berubah menjadi seperti mereka, biasanya dengan siksaan yang kejam.

2.Gameplay
Cara Deek berinteraksi dan menghadapi sejumlah musuh diatas pun akan berbeda sesuai kelompok dan type musuh yang dihadapi. Freakers, biasanya akan mencoba mengejar dan memakan kamu apabila kamu tertangkap. Marauder biasanya berkelompok antara 5 sampai 12 orang, mereka memakai senjata yang mereka temui di alam bebas, dari tongkat baseball hingga hunting rifle.

Kelompok – kelompok militeristik biasanya memiliki senjata yang lebih canggih, sehingga Deek harus extra siaga menghadapi mereka. Kalau kamu sedang Free Roam dan kesuliatan melawan musuh yang ada, kabur dengan motor kamu merupakan cara yang bijak untuk bertahan hidup, bagaimanapun kamu bisa kembali ke encampment terdekat, resupply, dan balik lagi menghadapi mereka.

Game open World ini mengambil tempat di daerah Oregon yang luas, Deacon dibekali motornya untuk menjelajah area-area yang ada seperti Cascade, Lost Lake atau Highway 97. Tentu saja kamu nantinya bisa memodifikasi motor Deacon di encampment-encampment yang ada. Modifikasi ini selain visual juga meng-upgrade kemampuan motor tercinta mulai dari mesin yang lebih tangguh, ban anti slip, knalpot senyap hingga kapasitas kamu menyimpan amunisi yang bisa kamu bawa.

Jangan lupa menyimpan dan mengkanibal perlengkapan yang bisa kamu temukan terutama bensin, karena motor adalah alat utama kamu berpergian. Selesaikan misi untuk mendapatkan credit dari masing-masing encampment, credit yang kamu dapat adalah alat tukar kamu untuk upgrade senjata kamu jadi lebih baik. Karena senjata pun memiliki durabilitas yang berbeda, kamu harus terus perhatikan tingkatan masing-masing senjata. Barang-barang yang telah kamu kumpulkan berguna untuk memperbaiki senjata kamu.

Menonjolkan fitur cuaca yang dinamis, fitur ini juga mempengaruhi gaya bermain kamu. Ketika hujan ban motor kamu akan terasa lebih licin, namun juga mengurangi suara langkah kamu sehingga kamu bisa mengendap-endap di encampment musuh dengan resiko terdeteksi lebih sedikit. Beberapa musuh juga akan terpengaruh dengan fitur ini, seperti Freakers akan lebih kuat di lokasi bersalju ketimbang di lokasi yang panas.

3.Visual
Dibuat mengunakan Unreal Engine 4, Days Gone mendukung resolusi 4K apabila kamu bermain dengan PS4 Pro. Dioptimalkan ke 30 FPS pada kedua konsol, perbedaan gambar antara keduanya tidak terlalu signifikan.Draw distance dalam game di buat sedemikian jauh, sehingga latar pegunungan di Oregon terlihat begitu indah. Banyak juga yang memuji keindahan Crater Lake dalam gim ini karena kemiripan suasana dengan lokasi aslinya.

Dari segi karakter design, buat saya susah membedakan antara NPC biasa dengan marauder. Mungkin karena mengambil setting post-apocalyptic. jadi semua mengenakan pakaian dan perlengkapan yang seadanya. Kecuali untuk visualisasi kelompok N.E.R.O. dan DCM, yang biasanya mencolok dari segi perlengkapan yang mereka bawa.

4.Unik
Secara umum, game ini menarik untuk dimainkan untuk mengisi waktu luang kamu. Menggunakan motor sebagai sarana utama kamu untuk menjelajahi hutan Oregon sambil menikmati pemandangan alam yang ada, mungkin bisa mengobati nostalgia kamu buat yang sering touring motor.
Buat kamu yang hardcore gamer, mungkin akan membandingkan game ini dengan game yang ber-genre mirip yakni Last of Us. Tema “zombie” dan “survival post-apocalypse”, masih menjadi salah satu yang populer khususnya di U.S.

Bagian yang menarik buat saya adalah, proses modifikasi motor Deek. Namun jujur, bounty mission agak merepotkan buat saya dari segi waktu bermain. Buat kamu-kamu yang sudah bekerja, mungkin sulit untuk melengkapi segala gameplay yang di tawarkan oleh game ini, hingga lebih memilih cukup tamatkan story utamanya saja selama 30 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *