lisas-childminding.com

My WordPress Blog

Tips Sehat Mengolah Ikan Lele untuk Makanan Si Buah Hati

Berita Terbaru Terdapat beberapa protein hewani yang dapat diproses jadi makanan bayi. Diantaranya yang bergizi tinggi ialah ikan lele. Tidak hanya mudah diketemukan serta harga relatif dapat dijangkau, ikan lele punya banyak manfaat buat kesehatan bayi. Menurut situs Fat Secret Indonesia, lele memiliki kandungan 204 kkal kalori, 7,26 gr karbohidrat, 14,93 gr protein, serta 12,35 gr lemak jemu serta tidak jemu. Selain itu, mengutip Livestrong, Omega-3 yang terdapat dalam 3 ons ikan lele cukup besar, yaitu 0,22-0,3 gr.

Protein pada ikan lele bagus untuk pembentukan sel imun serta perkembangan beberapa sel otak bayi. Sementara kandungan vitamin B12 pada ikan lele berguna juga untuk pembentukan sel darah merah anak.Walau demikian, Anda harus waspada waktu memproses ikan lele untuk makanan bayi. Serta ada berbau amis ikan ini cukup tajam, hingga Anda butuh mengetahui beberapa trik untuk menghilangkannya, misalnya:

Tips Sehat Mengolah Ikan Lele untuk Makanan Si Buah Hati

Cuci bersih
Seperti memproses ikan biasanya, point penting yang perlu dilakukan ialah membersihkan ikan sampai bersih. Untuk ikan lele Anda harus mencucinya dengan air bersih yang mengalir. Janganlah lupa potong sirip yang berada di samping kanan serta kiri insangnya. Membersihkan ikan lele mungkin saja satu diantara langkah awal untuk mengurangi berbau amisnya.

Potong secara benar
Sebelum dimasak, potonglah ikan lele lewat cara menyayat sisi belakang kepala sampai ekornya. Anda bisa ikuti garis tulang pada ikan lele untuk memudahkan proses itu. Menyayat daging ikan lele dengan langkah berikut berperan untuk membantu penyerapan bumbu dengan merata.

Membersihkan jeroan
Tahap seterusnya yang tidak kalah penting ialah bersihkan jeroan dari perut ikan lele. Jeroan adalah sumber rasa serta berbau tanah yang seringkali didapati beberapa orang. Langkah membersihkannya tidak susah. Bikinlah goresan kurang lebih 0,5 – 1 cm di belakang patil ikan lele sampai kelihatan kantung kelenjarnya. Kemudian mengeluarkan kantung kelenjar berwarna kehitaman, serta upayakan jangan sampai pecah. Lakukan hal sama pada patil yang lain.

Berikan bumbu yang tepat
Supaya ikan lele tidak bau amis, Anda dapat memberi beberapa jenis bumbu dapur sesuai makanan yang akan diproses. Untuk makanan bayi, Anda dapat merendam ikan lele di kombinasi bawang merah, lemon, kunyit, dan ketumbar. Beri dikit air supaya ikan lele terendam sempurna, selanjutnya rendam selama kira-kira 15-20 menit.Di awal masa pemberian MPASI, Anda dapat mengukus ikan lele, selanjutnya mencampurkannya dengan bubur serta disaring supaya teksturnya lembut. Seiring dengan bertambahnya umur si kecil, Anda bisa mengolah ikan lele dengan struktur lebih kasar, contohnya dijadikan abon atau dipotong kecil-kecil jadi lauk di menu makannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *