lisas-childminding.com

My WordPress Blog

Seputar Tentang Penghargaan Nobel

Berita Terbaru Penghargaan Nobel ialah satu penghargaan yang diserahkan kepada mereka yang sudah mempunyai banyak andil pada dunia, contohnya ilmu pengetahuan, penemuan ilmiah, dunia medis, kemanusiaan, dan lain-lain.

Beberapa bidang yang masuk dalam kelompok Hadiah Nobel, yakni fisika, kimia, kedokteran, sastra, perdamaian, serta ekonomi. Nah, apa kamu paham.kamu mengerti mengenai riwayat serta bukti Nobel? Kira-kira apa, ya? Disimak, yuk!

Seputar Tentang Penghargaan Nobel

Berawal dari surat wasiat Alfred Nobel
Siapakah Alfred Nobel itu? Merilis jurnal sains di Science History, Alfred Nobel yang lahir pada 1833 ialah satu orang pakar kimia serta insinyur dari keluarga cukup terpandang di Swedia

Dia penemu satu diantara peledak bernama dinamit. Pada awalnya, kehidupan Alfred jadi penemu bahan peledak mempunyai banyak halangan serta lika-liku. Karena penemuannya itu, beberapa orang yang meninggal, terhitung adiknya.

Alfred wafat di Itali pada 1896 yang lalu. Sebelum wafat, dia sempat tuliskan surat wasiat. Dalam wasiatnya, dia tuliskan jika semua kekayaannya bisa diberi sebagai hadiah pada orang-orang yang berjasa serta berperan buat dunia ilmu dan pengetahuan.

Dengan kata lain, wasiat yang dia tulis adalah rasa penyesalan Alfred pada penemuannya yang menyebabkan beberapa orang meninggal, terhitung adiknya. Triknya menebus dengan memberi semua kekayaannya untuk jadikan hadiah atau penghargaan buat siapapun yang memiliki hak.

Pemberian Hadiah Nobel sebelumnya penuh dengan permasalahan serta halangan
Seperti dicatat dalam situs Nobel Prize, pada awalnya surat wasiat dari mendiang Alfred Nobel tidak langsung bisa diterima oleh sanak keluarga. Tentunya, keluarga benar-benar keberatan bila semua harta kekayaan Nobel diberi pada negara serta yayasan swasta untuk jadikan modal hadiah buat mereka yang memiliki hak.

Proses ini berjalan benar-benar alot serta penuh halangan. Perlu sekian tahun supaya wasiat Alfred Nobel bisa digerakkan secara baik serta prima sesuai kemauan mendiang Alfred Nobel.

Baru pada 1901, penghargaan Nobel pertama bisa diberi, yaitu pada Henry Dunant jadi pendiri Palang Merah Dunia. Dengan Frederic Passy, satu orang ekonom Prancis yang mempunyai andil besar buat negara serta Eropa, Hadiah Nobel ini diberi bertepatan pada 1901.

Tidak semua penerima Hadiah Nobel itu orang dapat. Umumnya dari mereka malah bukan orang kaya raya sebab mereka gantungkan hidup pada penemuan serta beberapa pekerjaan yang lain di bagian kemanusiaan.

Diantaranya James Watson, ilmuwan yang temukan susunan asam nukleat (DNA) yang terima Hadiah Nobel pada 1962 yang lalu. Tetapi, sebab memerlukan dana besar untuk membuat laboratorium penelitiannya, dia sangat terpaksa melelang medali Nobel yang sudah dia terima.

Pada 2014 yang lalu, seorang entrepreneur Rusia bernama Alisher Usmanov membeli medali Nobel punya Watson. Tetapi, sesudah Usmanov membelinya, dia kembalikan medali itu pada Watson. Seperti dikabarkan situs The Guardian, medali Nobel punya Watson dihargai USD4,1 juta atau sama dengan Rp56 miliar.

Sampai 2019, ada 919 orang dari 73 negara di dunia yang telah terima Hadiah Nobel
Menurut data yang dikutip dari situs Nobel Prize, ada 919 orang serta 24 organisasi dari 73 negara di dunia yang telah terima Hadiah Nobel per 2019 ini. Sebagian besar penghargaan Nobel dicapai oleh Amerika Serikat dengan 337 orang penerima Hadiah Nobel.

Hebatnya , sebagian dari penerima Nobel itu diberi Hadiah Nobel lebih dari satu kali. Hadiah Nobel memang dapat disebutkan jadi penghargaan tertinggi di dunia yang diserahkan kepada mereka yang betul-betul memiliki hak sebab andil mereka yang mengagumkan buat dunia ini.

Itu lima fakta serta riwayat mengenai penghargaan Nobel yang perlu kamu tahu. Mudah-mudahan dapat menambah wacana kamu di bagian riwayat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *