lisas-childminding.com

My WordPress Blog

Berita Terbaru Kita sebagai orang tua boleh kok berikan gadget pada anak.Tapi asal digunakan dengan bijak. Mengenalkan gadget dan internet pada anak sebenarnya bisa bermanfaat agar anak melek teknologi sejak dini. Meski begitu, sebelum memberikan gadget pada anak, Anda sebaiknya memahami aturannya terlebih dahulu. Jangan sampaihal ini menimbulkan hal yang buruk, seperti membuat anak kecanduan, terutama kecanduan berselancar di internet.


Sebagaimana yang dikutip dari situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), anak yang masih berusia di bawah 2 tahun sebaiknya tidak perkenalkan dengan internet terlebih dahulu. Sementara untuk anak berusia 2 sampai 5 tahun, ada batasan waktu penggunaan internet, yakni maksimal 1 jam, dan itu harus didampingi orang tua atau orang dewasa yang bisa dipercaya. Pada anak yang berusia di atas 5 tahun, pemakaian internet harus dipastikan tidak mengganggu waktu tidur dan belajarnya.


Sebenarnya hal ini punya manfaat untuk anak, seperti membuat anak mengenal teknologi dan mendapat berbagai informasi. Meski begitu, penggunaannya tetap tidak boleh berlebihan. Makan orang tua perlu membatasi penggunaan internet pada anak. Bagaimana caranya? Berikut tipsnya :

Tips-Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Internet

Adakan Kesepakatan
Ajak anak berdiskusi terkait waktu mengakses internet serta aturan-aturan lain yang Anda tetapkan, misalnya, boleh mengakses internet di luar ketentuan jika digunakan untuk keperluan tugas sekolah. Kesepakatan ini perlu disampaikan sejak awal. Tujuannya agar anak disiplin dan tidak merengek untuk meminta gadget-nya kembali.

Gunakan Sistem Parental Control
Selain bisa mengontrol dan membatasi durasi bermain dan browsing internet, Parental control di telepon genggam, tablet, dan laptop juga bisa menyaring dan memblokir konten yang tidak sesuai dengan usia anak. Aplikasi ini kini tersedia banyak di App Store maupun Google Play Store.

Terapkan Area Bebas Gadget
Kita tidak dianjurkan menaruh TV di kamar anak, apalagi memberikan anak gadget pribadi sebelum waktunya. Bila anak Anda ingin mengakses internet, pastikan mendapat pengawasan orang tua sepenuhnya. Salah satu caranya dengan menunda pemberian gadget pribadi untuk anak. Selain itu, Anda juga bisa terapkan beberapa hari bebas gadget. Misalnya hari Senin dan Selasa tidak boleh menggunakan internet, atau hari yang telah Anda dan anak sepakati sebelumnya.

Kemudian, penting untuk Anda juga mengajak anak melakukan kegiatan yang tak kalah menarik bagi keluarga, seperti mengajaknya memasak bersama, olahraga, dan kegiatan fisik di luar ruang lainnya. Dengan begitu, tumbuh kembang anak akan maksimal.


Yuk terapkan pada anak kita mulai sekarang !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *