lisas-childminding.com

My WordPress Blog

Dampak Positif Dari Tidak Mengkonsumsi Kafein

Berita Terbaru Kopi adalah salah satu minuman yang tidak bisa lepas dar kafein. Namun, jangan terlalu khawatir dengan kopi yang mengandung kafein. Berita baiknya adalah ada manfaat kesehatan yang terbukti karena minum kopi, dari metabolisme yang lebih cepat hingga risiko penyakit Alzheimer yang jauh lebih rendah.

Namun ada manfaat yang lebih banyak jika menghindari kafein. Lalu apa manfaat dari bebas kafein, dan siapa yang harus menghindari kafein? Berikut Hostcoremedia sajikan beberapa manfaat utama dari tidak mengkonsumsi kafein untuk kesehatan. Antara lain :

Dampak Positif Dari Tidak Mengkonsumsi Kafein

Kecemasan semakin berkurang
Merasa semakin cemas belakangan ini? Terlalu banyak kafein mungkin salah satu penyebabnya. Kafein memang memberikan energi untuk tubuh, tetapi energi itu juga menstimulasi hormon kita. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kecemasan, kegugupan, jantung berdebar dan bahkan serangan panik.

Kafein membuat seseorang yang sudah rentan terhadap stres dan kecemasan menjadi jauh lebih buruk. Bahkan selain itu, asupan kafein yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatkan kemungkinan depresi pada remaja. Namun, jangan panik, kamu hanya perlu mengurangi konsumsi kafein untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tidur yang lebih baik
Kebiasaan mengonsumsi kafein dapat memengaruhitidur. Studi menunjukkan bahwa asupan kopi harian dapat mengubah siklus tidur, seperti menyebabkan tidur gelisah dan mengantuk di siang hari. Hal ini terjadi jika kamu mengonsumsi kafein kurang dari enam jam sebelum tidur.

Selain istirahat malam yang lebih baik dan tidak terganggu, seseorang yang bebas kafein hanya butuh jauh lebih sedikit waktu untuk tertidur di malam hari. Dengan siklus tidur yang teratur, tubuh akan terasa segar dan bugar di pagi hari.

Penyerapan nutrisi lebih efisien
Jika seseorang bukan peminum kafein, tubuh dapat menyerap beberapa nutrisi lebih baik daripada mereka yang meminum kafein. Tanin dalam kafein mungkin dapat menghambat penyerapan sebagian dari kalsium, besi dan vitamin B.

Hal ini terutama berisiko untuk seseorang yang memiliki asupan kafein yang sangat tinggi, pola makan yang tidak seimbang, atau yang berusia lebih tua. Dengan hidup bebas kafein dapat membantu memastikan seseorang mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Gigi yang lebih sehat
Kopi dan teh bisa menodai gigi. Hal tersebut disebabkan karena tingginya kadar tanin yang ditemukan dalam minuman ini, yang menyebabkan penumpukan dan enamel gigi yang berubah warna. Bahkan dalam minuman berkafein seperti kopi dan soda juga dapat menyebabkan keausan dan pembusukan pada gigi.

Hormon akan menjadi seimbang pada wanita
Nyatanya pada wanita, minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda dapat mengubah kadar estrogen. Sebuah 2012 studyTrusted Source menemukan bahwa minum 200 miligram atau sekitar dua cangkir atau lebih kafein per hari meningkatkan kadar estrogen pada wanita Asia dan kulit hitam, sementara wanita kulit putih memiliki kadar estrogen yang sedikit lebih rendah.

Mengubah kadar estrogen dapat meningkatkan risiko untuk kondisi seperti endometriosis, kanker payudara, dan kanker ovarium.

Mengurangi risiko darah tinggi
Tidak mengonsumsi kafein dapat memberikan efek yang lebih baik untuk tekanan darah. Kafein terbukti meningkatkan kadar tekanan darah karena efek stimulasi pada sistem saraf. Asupan kafein yang tinggi, seperti tiga cangkir hingga lima cangkir per hari, juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Pencernaan yang sehat
Mengkonsumsi kafein yang tinggi dapat menyebabkan sejumlah masalah pencernaan yang tidak menyenangkan. Sebagaimana akan menciptakan pencahar yang menstimulasi usus. Bahkan mengkonsumsi kopi dalam jumlah besar dapat berisiko menyebabkan diare atau buang air besar. Selain itu, minuman berkafein dapat menjadi pemicu penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Semoga artikel ini menambah wawasanmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *